Halaman ini menampilkan artikel tentang buku program latian kepramukaan di gugus depan dan contoh program serta program kegiatan kepramukaan di gugus depan dan ini merupakan panduan sementara haya digunakan untuk kalangan sendiri
BUKU PROGRAM LATIHAN
KEPRANUKAAN
BUKU PROGRAM LATIHAN
KEPRANUKAAN
DI GUGUS
DEPAN
UNTUK PENGGALANG SD/MI DAN SMP/MTS
ATAU
YANGSEDERAJAT
DIPAKAI
UNTUK KALANGAN SENDIRI
OLEH
TRI RAHAYUDI,S.Pd.SD
KATA PENGANTAR
Pramuka merupakan wahana kaum muda yang suka
berkarya,pramuka sangat erat hubungan dengan pendidikan penempaan generasi muda
yang mandiri,bertaqwa,berbudipekerti luhur,Berjiwa pancasila.
Pramuka adalah wahana perekat Bangsa,yang tidak pernah
membeda-bedakan suku,ras agama dalam kehidupan di Indonesia.
Dalam kurikulum 2013,Pramuka menjadi salah satu kegiatan
ekstrakulikuler yang di prioritaskan, untuk itu penyusun buku ini menyajikan
buku Program Latihan Kepramukaan Gugus Depan dengan tujuan membantu mempermudah
pelaksanaan pendidikan kepramukaan
tersebut bagi Pembina.
Penyusun menyadari buku ini banyak kekurangannya, untuk itu
mohon maaf yang sebesar-besarnya ,semoga buku ini memberikan manfaat bagi
perkembangan gerakan pramuka
Amin
Mengetahui Lampung
Tengah, Agustus 2017
Ka Mabigus SDN Payung Rejo Penyusun
Ka Mabigus SDN Payung Rejo Penyusun
SATI SUMARTI,S.Pd .SD TRI RAHAYUDI.S.Pd.SD
Gerakan Pramuka
Kuwartir Ranting Pubian
Ketua
ABDUL
BARI,MG
NTA:080219000001
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR…………………………………………………… i
DAFTAR ISI
…………………………………………………………… i
CONTOH PROGRAM KEGIATAN
KEPRAMUKAAN……………… i
PROGRAM LATIHAN KEPRAMUKAAN DI GUGUS DEPAN……… i
CONTOH
PROGRAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN
A. PROGRAM
JANGKA PENDEK
1. Mengadakan
latihan pramuka tiap Sabtu Minggu sekali,dihari sabtu,pukul 11.30 – 12.40
2. Mengadakan
pengisian SKU Tingkat Ramu dan Rakit serat Trap
3. Mengadakan
pelatihan Ramu,Rakit serta Tarp.
4. ……………………………………………..Dst
B. PROGRAM
JANGKA MENENGAH
1. Mengadakan
kegiatan heking/pengembaraan
2. Mengadakan
Latihan Bersama/Gabungan dengan Gudep lain
3. Mengadakan
perkemahan sehari (Persari) di Gugus depan atau Perkemahan Sabtu,Minggu (Pesami)
4. ………………………………………………Dst
C. PROGRAM
JANGKA PANJANG
1. Mengadakan
perkemahan yang dilaksanakan Pemerintah/Kwarran/Kwarcab/Kwarda/Kwarnas
atau menghadiri Undangan Gudep lain
2. Mengadakan
Kerja Bakti di Lingkungan Gugus Depan
3. Mengadakan
Study Banding dengan Gudep lain atau Kwarran lain.
4. ………………………………………………Dst
Ka Gudep ………,…….20……..
Pembina
................................. ......................................
Mengetahui
Ka.Mabigus
.....................
PROGRAM KEGIATAN KEPRAMUKAAN
DI GUGUS DEPAN
NO
|
MATERI
|
INDIKATO
|
WAKTU
|
PARAF
|
1
|
Janji Pramuka Tri Satya
|
a. Menjelaskan
arti Tri Satya
|
||
b. Hafal
Tri Satya
|
||||
c. Mengamalkan
Trisatya dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
2
|
Kode Moral Pramuka, Dasa Dharma Pramuka
|
a. Menjelaskan
10 isi Dasa Dharma
|
||
b. Hafalan
Dasa Dharma
|
||||
c. Mengamalkan
Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari
|
||||
3
|
Pengertian Pramuka
|
a. Menjelaskan
pengertian Pramuka
|
||
b. Menjelaskan
alasan Pramuka mengenai seragam
coklat tua atau coklat muda
|
||||
c. Menjelaskan
tanda pengenal yang dikenakan Pramuka
|
||||
4
|
Tingkatan Pramuka
|
a. Menyebutkan
tingkatan Pramuka
|
||
b. Menjelaskan
arti kiasan dasar Tingkatan Dalam Pramuka
|
||||
c. Menjelaskan
usia pramuka berdasarkan Tingkatannya
|
||||
d. Menjelaskan
tingkatan Pramuka dalam masing-masing satuan
(S-G-T-D)
|
||||
5
|
Lambang Pramuka
|
a. Menyebutkan
Lambang Pramuka
|
||
b. Menyebutkan
penemu Lambang Pramuka
|
||||
c. Menjelaskan arti Kiasan Lambang Gerakan Pramuka
|
||||
d. Menjelaskan
alasan Pramuka menggunakan Tunas Kelapa sebagai Lambang Gerakan Pramuka
|
||||
6
|
Hymne Pramuka
|
a. Menyebutkan
Hymne Pramuka
|
||
b. Menyanyikan
Hymne Pramuka dengan benar
|
||||
7
|
Bendera Pramuka
|
a. Menjelaskan
bentuk dan dan warna bendera Pramuka
|
||
b. Menjelaskan
ukuran bendera pramuka
|
||||
c. Menguraikan
bendera Pramuka sesuai dengan Bab/Pasal
dalam AD/ART gerakan Pramuka
|
||||
8
|
Sejarah Pramuka
a. Dunia
b. Indonesia
|
a. Menjelaskan
sejarah Pramuka Dunia sengan singkat
|
||
b. Menjelaskan
sejarah Pramuka Indonesia dengan singkat
c. Menyebutkan
tokoh pandu Dunia /Pramuka dunia dan Indonesia
|
||||
9
|
Motto Pramuka
|
a. Menyebutkan
Motto Gerakan Pramuka
|
||
b. Menjelaskan
Motto Gerakan Pramuka
|
||||
10
|
Salam Pramuka
|
a. Menjelaskan
pengerian Salam Pramuka
|
||
b. Memberikan
salam Pramuka dengan sikap yang benar
|
||||
c. Memberi
salam /penghormatan kepada pihak – pihak yang harus dihormati (Presiden/wakil,Bendera
Negara,Jenazah,dan lain-lain
|
||||
d. Tahu
kepada siapa salam-salam Pramuka diberikan
|
||||
11
|
Fungsi Pramuka
|
a. Menjelaskan
fungsi gerakan Pramuka (sebagai gemaanak muda, pengabdian orang dewasa alat
bagi masyarakat / Organesasi
|
||
b. Memenuhi
permintaan masyarakat/Organesasi/Pemerintah jika difungsikan
|
||||
12
|
Tujuan Gerakan Pramuka
|
-
Menjelaskan
tujuan Gerakan Pramuka
|
||
13.
|
Sifat Gerakan Pramuka
|
-
Menjelaskan sifat Gerakan Pramukayang
(Nasional Internasional dan Universal)
|
||
14
|
Prinsip dasardan metode Pramuka
|
a. Menjelaskan
pengetian prinsip dasar dan metode
kepramukaan
|
||
b. Menyebutkan
prinsip dasar dan metode kepramukaan sesuai
AD Gerakan Pramuka bab 1V pasal
11
|
||||
c. Menyebutkan
metode kepramukaan (Cara belajar
progresif) Pramuka
|
||||
15
|
Permainan Pramuka
|
a. Menyebutkan
contah permainan Pramuka
|
||
b. Memperagakan
permainan Pramuka dengan adik-adik
|
||||
c. Menjelaskan
manfaat permainan Pramuka yang diperagakan (merepleksi)
|
||||
d. Menjelaskan
pesan moral yang terdapat pada permainan yang di perankan
|
||||
16
|
Upacara penggalang Pramuka
|
a. Menjelaskan
tujuan upacara
|
||
b. Menjelaskan
manfaat upacara
|
||||
c. Menjelaskan
urutan upacara pembukaan / penutupan latihan Pramuka
|
||||
d. Mempraktekkan
pembukaan upacara/penutupan Pramuka bersama dengan adik-adik dengan benar
|
||||
17
|
Baris berbaris
|
a. Menjelaskan
pengetian PBB
|
||
b. Menyebutkan
unsure-unsu dalam PBB
|
||||
c. Menjelaskan
aba-aba dalam PBB
|
||||
d. Memberikan
contoh gerakan PBB dengan benar
|
||||
e. Menyebutkan
gerakan PBB dari siap,istirahat,jalan ditempat,melangkah dengan benar
|
||||
18
|
Tali temali
|
a. Menjelaskan
manfaat tali temali
|
||
b. Memberikan
contoh yang benar Macam-macam tali-temali (simpul)
|
||||
c. Memperagakan
tali temali kedalam bentuk bangunan mini / Pionering(missal:menara,tenda,tiangbendera
dan lain-lain
|
||||
19
|
Sandi-sandi Pramuka
|
a. Memberikan
sandi dengan benar
|
||
b. Menterjemahkan
sandi dengan benar
|
||||
c. Membuat
pesan melalui sandi dengan beanr
|
||||
d. Mampu
menciptakan sandi sendiri
|
||||
e. Menguasai
sandi-sandi Pramuka
|
||||
20
|
Kompas dan Penggunaannya
|
a. Menjelaskan
pengerian Kompas
|
||
b. Menjelaskan
fungsi/kegunaan kompas
|
||||
c. Menjelaskan
bermacam-macam kompas
|
||||
d. Menggunakan
kompas dengan benar
|
||||
21
|
Pengetahuan Peta
|
a. Menjelaskan
pengertian Peta
|
||
b. Menyebutkan
macam-macam peta
|
||||
c. Dapat
membuat denah,peta,perjalanan,peta pita
|
||||
22
|
SKU Ramu,Rakit dan Trap
|
a. Mengadakan
ujian pengisian SKU Ramu ,Rakit dan
Trap
|
||
b. Melantik
Penggalang Ramu,Rakit dan Trap, setelah menyelesaikan ujian SKU nya.
|
Catatan :
Materi Pramuka dapat Payung
Rejo,26 Agustus 2017
dikembangkan sendiri Penyusun
dan diupayakan sendiri
Sudah izin :
Diketik ulang oleh : AKHMAD SUTRISNO TRI RAHAYUDI,S.Pd.SD
NIP:08680817 200701 1 014
NIP:08680817 200701 1 014